Pesawat dan Kapal Tetap Layani Penumbang di Luar Zona PSBB

Sabtu, 25 April 2020 10:38

Personel TNI berjaga di Terminal Keberangkatan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, di Kabupaten Maros, Jum...

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR–Regulasi pemberhentian operasi angkutan penumpang hanya berlaku di zona merah. Di luar itu, masih normal.

Zona merah salah satunya ditandai dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Jadi Makassar merupakan salah satu daerah yang akses transportasi penumpangnya dihentikan. Bersama tujuh daerah lainnya yang juga telah menerapkan PSBB karena zona merah.

Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar dan Pelabuhan Makassar pun tidak lagi melayani. Tiket bisa di-refund (pengembalian dana) atau reschedule (penjadwalan ulang) bagi calon penumpang yang terlanjur membeli.

General Manager PT Angkasa Pura I Wahyudi mengatakan seluruh bandara di zona merah telah ditutup untuk melayani penumpang. Termasuk Bandara Sultan Hasanudin (Sulhas) sebagai bentuk dukungan ke pemerintah untuk menghentikan sementara aktivitas penerbangan domestik.

Namun, untuk pesawat kargo tetap berjalan normal. Bahkan sejumlah maskapai memaksimalkan layanan kargo dengan memanfaatkan pesawat penumpang. Penutupan bandara untuk umum ini berlaku akan berlaku 24 April hingga 1 30 Mei.

Meski demikian, pihak bandara tetap menyiapkan lokasi untuk pelayanan yang terlanjur telah memesan tiket. Wahyudi mengimbau atau penumpang yang telah membeli tiket (issued ticket) agar menghubungi maskapai.

“Yang telah memiliki tiket penerbangan dalam waktu dekat atau selama larangan mudik diberlakukan agar menghubungi pihak maskapai untuk melakukan refund atau reschedule penerbangan,” katanya, Jumat (24/4/2020).

Komentar


VIDEO TERKINI