Selain Covid-19, Ini Penyakit yang Perlu Diwaspadai saat Pandemi

Sabtu, 25 April 2020 19:19

dr Ariantin Ulfah

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kasus lain yang harus diwaspadai di tengah pandemi Covid 19, adalah demam berdarah. Bahkan sekarang, penyakit demam berdarah telah berkembang begitu pun dengan sumbernya, yaitu nyamuk aedes.

Salah satu dokter Satgas covid-19 dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar, dr Ariantin Ulfah, mengatakan, masyarakat bisa saja terkena penyakit demam berdarah tanpa disertai adanya gejala seperti umumnya.

“Klinisnya tidak khas, biasanya demamnya tidak khas, nyeri badan biasanya tidak khas. Sekarang orang bisa kena DBD tanpa menunjukkan gejala awal seperti biasanya,” kata dr Ulfah, Sabtu (25/4/2020).

Bahkan jentik nyamuk aedes yang dulu hanya tinggal di air jernih, kini bisa hidup meskipun bukan di air jernih sekalipun.

“Dulu jentik aedes ini ada di air tergenang yang jernih, tetapi belakangan didapati meskipun di air yang keruh ia tetap ada,” tambahnya.

Untuk itu, agar terhindar dari penyakit demam berdarah, ia meminta kepada masyarakat, selain menjaga kebersihan diri juga harus menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya.

“Pertama kebersihan lingkungan kita perhatikan air yang tergenang,” ucap dr Ulfah.

Kedua, bagaimana supaya nyamuk yang telanjur ada tidak menggigit. “Entah secara mekanis kita pasang kelambu atau apa atau pakai obat nyamuk yang khusus mencegah itu semua,” sarannya. (ikbal/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI