FIFA Kucurkan Rp2,3 Triliun, Termasuk untuk PSSI

FAJAR.CO.ID, JAKARTA—Federasi Sepak bola dunia (FIFA) yang mengayomi 211 negara anggotanya dalam waktu dekat akan memberikan bantuan finansial kepada seluruh negara anggotanya. Ini sebagai langkah awal untuk membantu penyelesaian imbas dari pandemik COVID-19.

Total dana bantuan FIFA adalah senilai 150 juta dolar AS atau sekitar Rp2,3 triliun. Seluruh bantuan ini akan didistribusikan kepada 211 negara anggota sepak bola mereka yang berada di seluruh dunia. Termasuk PSSI.

Masing-masing negara akan mendapatkan dana sebesar 500 ribu dolar AS atau sekitar Rp7,7 miliar. Dana ini akan digunakan untuk operasional federasi serta menyelesaikan urusan dengan pihak ketiga.

“Pandemi telah menyebabkan tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi seluruh komunitas sepak bola, dan sebagai badan pengatur sepak bola dunia, adalah tugas FIFA untuk berada disana dan mendukung mereka yang sedang membutuhkan,” kata Presiden FIFA Gianni Infantino, seperti dilansir dari website resminya.

Menurutnya, ini dimulai dengan memberikan bantuan keuangan langsung kepada asosiasi anggota, yang banyak di antaranya mengalami kesulitan keuangan yang parah. Infantino menyebut ini adalah langkah pertama dari rencana bantuan finansial berjangkauan luas yang dikembangkan untuk menanggapi keadaan darurat di seluruh komunitas sepak bola.

“Bersama-sama dengan para pemangku kepentingan, kami menilai kerugiannya dan kami sedang mengerjakan cara yang paling tepat dan efektif. untuk mengimplementasikan tahapan lain dari rencana bantuan ini,” jelasnya dikutip dari situs resmi PSSI.

Infantino secara khusus mengucapkan terima kasih kepada ketua Komite Pengembangan FIFA, Shaikh Salman Bin Ebrahim Al Khalifa, dan Komite Keuangan FIFA, Alejandro Domínguez, atas komitmen dan persetujuan mereka.

Rencana bantuan finansial ini dimungkinkan berkat posisi keuangan kuat yang telah mampu dikonsolidasikan FIFA selama empat tahun terakhir. Tahap selanjutnya dari rencana tersebut saat ini sedang difinalisasi dan akan dikomunikasikan pada waktunya.

Federasi sepak bola Indonesia, PSSI sendiri akan mengoptimalkan bantuan yang diberikan FIFA melalui program FIFA Forward. Dalam surat sirkulernya FIFA telah menyetujui untuk mempercepat pengucuran dananya sekaligus untuk membantu anggotanya dalam menghadapi situasi pandemi COVID-19.

Dalam surat sirkuler FIFA tanggal 24 April 2020 disebutkan, Komite Pengembangan dan Komite Keuangan FIFA menyetujui untuk memajukan pengucuran dana program FIFA Forward 2.0 tahun 2019 dan 2020 yang semula akan diberikan pada bulan Juli menjadi dalam waktu dekat setelah.

Kucuran dana tersebut sengaja dimajukan sebagai respons FIFA untuk membantu anggotanya di seluruh dunia terkait pandemi COVID-19. Program FIFA Forward merupakan program bantuan dana yang FIFA diberikan kepada seluruh anggota asosiasinya untuk biaya operasional dan proyek khusus yang diajukan setiap tahunnya. Dalam dua tahun terakhir, PSSI memaksimalkan program FIFA Forward untuk pengembangan pelatih, wasit dan pemain muda.

Dalam masa transisi ini, PSSI terus melaksanakan pembenahan administrasi dan finansial secara internal. Sementara komunikasi secara intens senantiasa dilakukan oleh PSSI dengan perwakilan FIFA untuk daerah Asia Tenggara terkait jumlah dan kapan bantuan dana akan dikucurkan serta pengggunaan yang tepat dan terukur untuk kepentingan audit dan pelaporan keuangan nantinya seperti yang telah disebutkan di dalam sirkuler tersebut.

''Sebagai anggota asosiasi, PSSI pun memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada FIFA yang konsisten membantu dalam mengembangkan sepak bola di Indonesia,'' ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

Menurut Iriawan, bantuan yang diberikan nantinya akan dipergunakan secara tepat sasaran dan transparan. “Ini untuk pelaksanaan program serta kelanjutan organisasi PSSI di tengah dampak pandemi COVID-19,” tandasnya. (amr)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Amir


Comment

Loading...