Versi Mourinho, Ronaldo dan Messi Bukan yang Terbaik

Minggu, 26 April 2020 11:45

Ronaldo Luís Nazário de Lima jadi pahlawan Brasil di Piala Dunia 2002/PA

FAJAR.CO.ID, LONDON—Hampir semua orang menganggap superstar masa kini, Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi adalah pemain terbaik dunia. Namun, tidak bagi Manajer Tottenham Hotspur, Jose Mourinho.

Bagi The Special One, julukan Mourinho, mantan striker Brasil, Ronaldo Luís Nazário de Lima adalah pemain terbaik sepanjang masa yang pernah ia saksikan.

Hal ini disampaikan mantan manajer Real Madrid itu ketika ditanya oleh LiveScore tentang siapa pemain terbaik yang pernah ada. “Ronaldo, El Fenomeno,” kata Mourinho dikutip dari Sport Bible.

Cristiano Ronaldo dan Leo Messi menurut Mourinho memiliki karier yang lebih lama. Keduanya juga mampu bertahan selama 15 tahun. Akan tetapi, Ronaldo Nazario, yang bekerja dengannya di Barcelona menurut Mourinho punya skill yang lebih bagus.

“Namun, jika kita berbicara tentang bakat dan keterampilan, tidak ada yang melebihi Ronaldo (Nazario). Ketika dia berada di Barcelona bersama Bobby Robson, saya menyadari bahwa dia adalah pemain terbaik yang pernah saya lihat turun ke lapangan,” jelas Mourinho.

Ronaldo hanya bermain satu musim untuk Barcelona yakni pada musim 1996/1997, setelah sebelumnya bermain dua tahun untuk PSV. Bersama Raksasa Catalan, ia mencetak 34 gol luar biasa dalam 37 pertandingan.

Setelah memecahkan rekor transfer dunia, dengan biaya transfer sebesar £ 13,2 juta, Barca menjualnya ke Inter Milan setahun kemudian ketika negosiasi kontrak gagal. Itu kembali memecahkan rekor dunia yakni sebesar £ 19,5 juta. Menjelang 1997 dan ketika usianya baru 21 tahun, ia telah memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA dua kali dan memenangkannya untuk ketiga kalinya pada tahun 2002. Ia memenangkan Bola Emas di Piala Dunia 1998 saat Brasil kalah dari tuan rumah Prancis di final. Dia kemudian melewatkan sebagian besar dari tiga musim dengan beberapa cedera lutut di Inter yang merupakan awal dari masalahnya. Pemain Brasil itu total mencetak 352 gol dalam 518 penampilan di semua kompetisi dalam karier klubnya.

Komentar