DBD dan Covid-19 Mewabah, PMI Makassar Kekurangan Darah Trombosit

Senin, 27 April 2020 10:48

Donor Darah

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Palang Merah Indonesia (PMI) Makassar terus berupaya memenuhi stok darah yang terus menipis di tengah pandemi Covid-19.

Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal alias Deng Ical, mengaku yang paling dibutuhkan saat ini adalah stok darah trombosit. Mengingat penyakit demam berdarah (DBD) juga mewabah.

“Kami yakin bahwa Ramadan ini amanji (stok darah) tetapi pasca Ramadan itu yang sangat berbahaya karena bersamaan dengan epidemi demam berdarah, jadi trombosit yang dibutuhkan,” ujar Deng Ical, Minggu (26/4/2020).

Menurutnya, kekurangan trombosit tersebut sudah hampir dua minggu. “Trombosit itu kosong semuanya. saya cek tadi itu kosong sejak sehari sebelum puasa karena sudah ada yang order bahkan kita sudah gunakan donor keluarga,” kata dia.

“Jadi kami minta untuk sekarang itu khusus untuk trombosit yang ada permintaannya mohon kiranya bawa memangmi keluarga ta yang beratnya 60 kg ke atas,” sambungnya.

Deng Ical menuturkan hal tersebut bertahun-tahun tidak pernah dilakukan di PMI, tetapi hari ini terpaksa, mau tidak mau terpaksa karena pendonor yang memang kurang.

“Semenjak covid 19 masuk, terbongkar semua jadwal, lebih mi 3 minggu karena kemarin masih ada stok, sekarang baru terasa,”keluhnya.

Untuk itu, pihaknya terus melakukan upaya-upaya untuk memenuhi stok darah di PMI. Salah satunya dengan bekerjasama dengan beberapa organisasi masyarakat maupun ojek online.

Bagikan berita ini:
9
7
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar