Gugus Tugas Covid-19 Peringati Pemda, Mohon Jangan Dianggap Remeh

Senin, 27 April 2020 16:18

Doni Monardo. Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aa

FAJAR.CO.ID,JAKAARTA– Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona mendeteksi adanya penyebaran Covid-19 yang cukup meningkat di daerah-daerah.

Oleh karena itu, Gugus Tugas meminta para kepala daerah untuk meningkatkan protokol kesehatan penanggulangan penyakit menular itu di wilayah masing-masing.

“Adanya sejumlah daerah kabupaten atau kota yang mengalami kenaikan jumlah kasus positif. Oleh karenanya, para pimpinan di daerah diharapkan bisa melakukan pendataan yang lebih maksimal kepada para pendatang yang berpotensi memberikan akses penularan kepada masy lainnya,” kata Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Doni Monardo saat menggelar konferensi pers setelah mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo, Senin (27/4).

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ini meminta kepala daerah mewajibkan setiap orang yang datang ke daerahnya untuk isolasi mandiri selama 14 hari.

“Siapa saja yang baru tiba di suatu daerah hendaknya jadi program prioritas di tingkat desa maupun RT dan RW,” tegas Doni.

Jenderal bintang tiga TNI aktif ini juga menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo agar masyarakat menjaga imunitas tubuh mereka.

Namun di sisi lain, kata Doni, presiden menginginkan isolasi itu tetap membawa kebahagiaan, tidak menimbulkan depresi.

“Oleh karenanya, selama mengikuti isolasi mandiri diharapkan kegiatan-kegiatan aktivitas di sekitar pemukiman tetap dilakukan,” kata dia. (tan/jpnn)

Komentar