Mudik Dilarang, Konsumsi BBM Selama Ramadan Turun 20 Persen

Senin, 27 April 2020 12:17

Truk dan bus antre mengisi BBM solar.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) pada tahun ini diperkirakan mengalami penurunan yang cukup dalam yakni sekitar 20 persen dibandingkan pada kondisi normal. Ini karena terkait adanya pelarangan mudik Lebaran di 2020. Kebijakan tersebut dilakukan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman memperkirakan, konsumsi BBM pada momen Ramadan dan Lebaran 2020 ini akan berada di kisaran 110.034 kiloliter per hari atau turun 20 persen dibandingkan kondisi normal. “Angka ini jauh di bawah konsumsi pada Ramadhan tahun lalu yang keterangannya, kemarin (26/4).

Kendati demikian, Pertamina tetap menyediakan pasokan BBM bagi bantuan logistik, sembako, alat kesehatan serta angkutan kebutuhan penting lainnya yang diperbolehkan beroperasi. Pada momen Ramadan dan Idul Fitri, Tim Satgam Pertamina memastikan keamanan BBM selama 24 jam.

Selain BBM, Pertamina juga mengamankan kebutuhan LPG. Pihaknya memperkirakan pada kedua momen tersebut kebutuhan gas dapur akan meningkat sekitar 6 persen. Ada sejumlah cara yang dilakukan perusahaan migas pelat merah ini yakni mulai dari menjaga ketahahan stok hingga pelayanan melalui antar atau Pertamina Delivery Service.

Bagikan berita ini:
7
8
6
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar