Penerbangan Komersil Dilarang, Pesawat Carter Justru Mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin

Senin, 27 April 2020 08:35

Penumpang pesawat carter tiba di Bandara Sultan Hasanuddin. (IST)

FAJAR.CO.ID,MAROS– Pasca larangan sementara penerbangan komersial di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Dua unit pesawat carter justru mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Minggu (26/4/2020).

Informasi yang dihimpun menyebutkan jika keduanya merupakan pesawat carter Wings Air atau Charter Flight Wings Air dengan nomor penerbangan IW 1521 dan IW 2505. Dimana pesawat ini membawa penumpang dari Bandara Sorong.

Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah V Makassar, Baitul Ikhwan saat dikonfirmasi membenarkan hal itu.

“Itu memang ada dua penerbangan dari Sorong. Dia menggunakan pesawat carter, hal ini merupakan sesuatu hal yang rutin dilakukan selama ini sebelum adanya Permen 25 tahun 2020 tentang pengendalian transportasi selama masa mudik idul fitri tahun 1441 H dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

Dalam Permen 25 itu kata dia diatur Pasal 19 dan 20.

“Nah didalam pasal 19 mengatur tentang larangan penerbangan dari daerah PSBB ke PSBB maupun daerah zona merah ke zona merah atau sebaliknya. Akan tetapi dalam Pasal 20 ada pengecualian, ini (pesawat carter,red) salah satu pengecualian didalam pasal 20,” jelasnya.

Untuk aktivitas pesawat carter kata dia, selama ini sudah secara reguler itu.

“Ya karena pesawat ini konsepnya bukan untuk balik atau mudik lebaran. Tetapi mereka pulang kerja,” katanya.

Bagikan berita ini:
7
5
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar