Pertumbuhan Perdagangan Triwulan I Menguat, Seperti Ini Datanya

Senin, 27 April 2020 15:12

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto di Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Jakarta, Senin (3/2). (Saifan Zaking/JawaP...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Kementerian Perdagangan (Kemendag) melaporkan kinerja yang stabil pada awal tahun ini. Perdagangan Indonesia pada kuartal I secara volume dan transaksi terpantau positif meski harus melewati banyak tantangan.

Karena itu, pemerintah mengimbau para pelaku usaha tetap optimistis dan melanjutkan tren perdagangan yang terjalin baik dengan negara-negara mitra. “Pertumbuhan perdagangan selama triwulan I menguat, didukung oleh naiknya kinerja perdagangan pada sektor nonmigas,” ujar Menteri Perdagangan Agus Suparmanto Sabtu (25/4).

Agus menambahkan, total ekspor selama triwulan I 2020 tercatat mencapai USD 41,79 miliar (sekitar Rp 645,11 triliun) atau meningkat 2,9 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Ekspor nonmigas naik sebesar 6,4 persen sehingga menjadi USD 39,49 miliar atau setara dengan Rp 609,60 triliun. Menurut Agus, kontributor utama peningkatan itu adalah ekspor produk hasil industri dan beberapa komoditas pertanian. Nilai ekspor dua sektor itu meningkat sebesar 9,7 persen dan 16,2 persen masing-masing.

Agus menerangkan, penguatan ekspor nonmigas selama tiga bulan pertama 2020 juga didorong kenaikan ekspor ke beberapa negara mitra dagang Indonesia. “Di tengah pandemi, kinerja ekspor nonmigas yang meningkat itu tentu sangat menggembirakan. Hal itu terjadi karena permintaan beberapa kebutuhan masyarakat dunia akan produk kesehatan dan kebersihan meningkat,” terangnya. (jpc/fajar)

TREN EKSPOR KE MITRA DAGANG

Komentar


VIDEO TERKINI