Ancam Tuntut Konvensasi dari Tiongkok, Trump: Kami Tidak Senang dengan China

Selasa, 28 April 2020 12:26

Presiden AS Donald Trump (Reuters)

FAJAR.CO.ID, WASHINGTON — Presiden AS Donald Trump menegaskan negaranya dapat meminta kompensasi dari China atas pecahnya COVID-19 yang dimulai di Kota Wuhan, Tiongkok lalu menyebar ke seluruh dunia.

“Kami tidak senang dengan China,” kata Trump saat briefing di Gedung Putih pada Senin waktu setempat. “Kami tidak senang dengan seluruh situasi itu karena kami percaya itu bisa dihentikan pada sumbernya,” tambahnya.

“Itu bisa dihentikan dengan cepat dan itu tidak akan menyebar ke seluruh dunia,” katanya, seperti dilansir France24.

“Ada banyak cara Anda dapat meminta pertanggungjawaban mereka,” kata Trump. “Kami sedang melakukan penyelidikan yang sangat serius seperti yang mungkin Anda ketahui,” tambahnya dilansir iranpress.

Trump ditanya tentang editorial surat kabar Jerman baru-baru ini yang meminta China membayar Jerman $165 miliar, sebagai ganti rugi karena kerusakan ekonomi yang disebabkan oleh virus.

Ditanya apakah AS akan mempertimbangkan untuk melakukan hal yang sama, presiden AS mengatakan “Kita dapat melakukan sesuatu yang lebih mudah dari itu,” tegasnya

Sejak awal wabah coronavirus. lebih dari 1 juta orang telah dites positif virus corona baru di AS, sementara jumlah kematiannya telah melewati 56.000 orang.

Menurut jajak pendapat baru-baru ini di AS, 52 persen dari mereka yang disurvei mengatakan, mereka tidak percaya apa yang dikatakan presiden tentang krisis kesehatan. (fajar)

Komentar