Bantu Indonesia Tangani Covid-19, Islamic Development Bank Siap Kucurkan Dana Emergensi

Selasa, 28 April 2020 18:12

Menteri Keuangan Sri Mulyani

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan Islamic Development Bank (IsDB) siap mendukung negara-negara anggotanya termasuk Indonesia dalam menghadapi Covid-19.

Informasi ini diperoleh Sri Mulyani langsung dari Presiden IsDB Bandar Hajjar saat melalui video conference, Minggu (26/4/2020).

“Saya menjelaskan langkah-langkah dan policy pemerintahan dalam menghadapi Covid-19 di bidang Kesehatan, Bantuan Sosial dan Bantuan untuk dunia usaha terutama UMKM,” terang Menkeu melalui Instagram pribadinya, @Smindrawati, yang dikutip Selasa (28/4/2020).

IsDB meluncurkan program 3R (Respond, Restore, Restart) untuk mendukung negara-negara anggotanya menghadapi Covid-19 dengan total pinjaman 2,3 miliar USD.

Khusus untuk Indonesia, dana emergensi Covid-19 dari pinjaman IsDB tersebut sedang dinegoisasi antara USD200-250 juta untuk program Indonesian Respond to Covid-19.

“Dana emergensi Covid-19 dari IsDB dalam proses negosiasi berkisar antara USD200-250 juta,” jelas Sri Mulyani.

Sementara itu, lembaga multilateral lainnya yaitu World Bank dan Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) juga berkomitmen untuk memberi pinjaman (co-financing) masing-masing sebesar USD250 juta untuk membantu program Indonesian Respond to Covid-19.

Jika ditotal, menurut Menkeu, Indonesia akan mendapat pinjaman dari ketiganya hingga sekitar USD750 juta untuk penanganan Covid-19. (endra/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI