Covid-19: Virus Berpenampilan Dasamuka

Selasa, 28 April 2020 23:05

Penampilan Dasamuka

Para ilmuwan mengatakan bahwa gejala-gejala non-paru ini mungkin juga merupakan indikator yang baik untuk Covid-19. Begitu berada di dalam tubuh seseorang, virus Korona Baru menempel pada protein spesifik yang disebut angiotensin-converting enzyme 2 (ACE2).

Enzim ini, yang biasanya terlibat dalam pengaturan tekanan darah, duduk di permukaan berbagai jenis sel, termasuk yang ada di otak, pembuluh darah, jantung, usus, dan ginjal. Hal ini yang menyebabkan kenapa manifestasi klinis virus ini demikian beragam, sehingga layak dianalogikan seperti memiliki banyak wajah bak Dasamuka.

Penting bagi semua orang untuk menyadari, bahwa presentasi klinis Covid-19 dapat berbeda beda, terutama dalam kasus-kasus ringan. Jika hanya fokus untuk memeriksa demam atau gejala pernapasan, banyak orang yang tidak dites secara proporsional dan mungkin tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi Covid-19, sehingga berisiko menyebarkan infeksi. Dengan makin mengenali berbagai gejala yang atipikal, bisa meningkatkan kewaspadaan dokter maupun masyarakat untuk melakukan pemeriksaan yang lebih spesifik untuk menegak kan diagnosa. Dalam skrining pasien, perlu dibuat ‘check list’ tentang berbagai gejala atipikal tersebut. (*)

Komentar


VIDEO TERKINI