Hasil Audit Konstruksi, Stadion Mattoanging Sudah Uzur dan Harus Dibongkar Semua

Selasa, 28 April 2020 12:07

Stadion Mattoanging Makassar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Renovasi Stadian Mattoanging (Andi Mattalata) sepertinya harus dimulai dari nol. Hasil audit konstruksi yang dilakukan oleh tim dari Universitas Hasanuddin menyimpulkan seluruh bagian struktur bangunan sudah uzur.

Tim Unhas sendiri merampungkan proses audit konstruksi pada 22 April kemarin. Hasilnya, stadion kebanggaan masyarakat Sulsel yang dibangun tahun 1957 yang selanjutnya digunakan pertama kali untuk penyelenggaraan PON ke IV sudah tak layak digunakan lagi.

“Hasil auditnya itu mengatakan hampir seluruh struktur bangunan mengalami degradasi umur bangunan, karbonasi dan korosi,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel, Andi Arwin Azis kepada Fajar.co.id, Selasa (28/4/2020).

Arwin menyebutkan tim audit Unhas merekomendasikan agar seluruh struktur bangunan dirubuhkan untuk proses renovasi. “Seluruh bagian stadion harus dibongkar, tak ada yang bisa dipertahankan,” jelas Arwin.

Dispora Sulsel telah melaporkan hasil audit tersebut ke Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah dalam rapat video conference, Selasa (28/4/2020). Dalam rapat tersebut, juga dihadiri perancang desain Stadion Mattoanging yang baru,Yori Antar.

“Kan sudah ada pra desain yang dibuat oleh PakYori. Pak Gubernur pada prinsipnya mendukung desain itu dituangkan dalam rehabilitasi yang akan dilakukan. Apalagi kita akan tingkatkan kapasitasnya menjadi 40 ribu kursi,” sebut Arwin.

Saat ini, kata Arwin proses penyusunan dokumen DELH dan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) sudah dimulai sejak 1 April, menyusul kemudian Amdalalin akhir bulan ini. Tak hanya itu lelang manajemen kontruksi senilai Rp4 miliar tengah dalam proses pemasukan penawaran.

Bagikan berita ini:
7
10
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar