Khatam Al-Qur’an pada Bulan Ramadan Pahalanya Luar Biasa

Selasa, 28 April 2020 05:30

Alquran/dok

FAJAR.CO.ID — Bulan Ramadan dikenal sebagai bulannya Al Qur’an. Sebuah bulan yang dipercaya sebagai bulan diturunkannya Al Qur’an.   Ibnu Katsir menyebutkan bahwa bulan Ramadan adalah bulan yang disanjung Allah dan dipilih oleh-Nya sebagai bulan diturunkannya Al Qur’an. Hal inilah yang membuat bulan Ramadan menjadi istimewa. Tersurat dalam firman-Nya:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

“Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil”

Kebanyakan orang bersemangat dan menargetkan diri untuk selesai 30 juz dalam bulan Ramadan. Lantas apakah hukum mengkhatamkan Al Qur’an dalam bulan Ramadan? Syaikh Al Utsaimin dalam Majmu Fatawa wa Rasail menyebutkan bahwa mengkhatamkan Al Qur’an pada bulan Ramadan adalah bukan sebuah kewajiban. Akan tetapi sebaiknya seseorang memperbanyak membaca Al Qur’an dalam bulan Ramadan.

Anjuran Syeikh Utsaimin bukan anjuran biasa. Melain sebuah anjuran yang sangat bermanfaat bagi siapa saja yang mau memperbanyak membaca Al Qur’an di bulan Ramadan. Membaca Al Qur’an adalah salah satu amal saleh yang pahalanya  dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan perhuruf,. Sabda Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa salam,

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

Komentar


VIDEO TERKINI