Masa Pandemi Corona,Para Bos Mafia Bebas dari Penjara

Selasa, 28 April 2020 19:19

Tentara Italia berjaga di sebuah jalan yang kosong melompong sejak diberlakukannya lockdown akibat virus corona. Foto: R...

FAJAR.CO.ID– Pandemi penyakit virus corona 2019 (COVID-19) disinyalir jadi peluang bagi para pentolan mafia yang sedang menjalani masa hukuman di berbagai penjara di Italia untuk memperoleh pembebasan. Gara-gara virus mematikan tersebut, pengadilan di Negeri Piza itu membebaskan sejumlah bos mafia dari penjara, atau setidaknya menjalani hukuman rumah.

Koran Italia Il Fatto Quotidiano melaporkan bahwa sejumlah bos mafia telah dibebaskan dari penjara dengan alasan faktor usia mereka. Pandemi global itu telah menerjang Italia begitu keras.

Di antara bos mafia yang dibebaskan dari penjara adalah Pasquale Zagaria. Pria 60 tahun itu merupakan saudara Don Michele dari keluarga Casalesi di kelompok Camorra.

Zagaria yang sebelumnya dipenjara di Pulau Sardinia telah dibawa ke daratan utama Italia pada Sabtu lalu (25/4). Menurut dokter, Zagaria mengidap kanker dan kesulitan memperoleh perawatan yang layak di penjara.

Dengan mempertimbangkan pandemi virus corona, hakim pun memerintahkan pembebasan Zagaria. “Dia berisiko tertular,” ujar hakim.

Sebelumnya pengadilan juga memberikan hukuman berupa tahanan rumah kepada Francesco Bonura, seorang figur penting dalam kelompok Cosa Nostra di Sisilia. Pengadilan mengizinkan Bonura yang telah dibui sejak 2006 meninggalkan rumah hanya untuk alasan terkait kesehatan.

“Mengingat usia lanjut subjek dan adanya masalah kesehatan yang penting, dengan perhatian khusus pada patologi onkologis dan jantung, saat ini ada prasyarat untuk penangguhan opsional eksekusi hukuman,” ujar hakim Antonino Di Matteo yang memberikan hukuman rumah kepada Bonura.

Komentar


VIDEO TERKINI