Selama Pandemi Covid-19, Tim JKN Irman YL Paling Aktif Bergerak

Selasa, 28 April 2020 17:03

Tim JKN atau Jaringan Kesehatan None yang diinisiasi oleh Irman Yasin Limpo.

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Presiden Joko Widodo mengumumkan untuk pertama kalinya kasus covid-19 terdeteksi pertama di Indonesia pada 2 Maret. Sontak, kabar itu menimbulkan beragam reaksi di masyarakat. Tak terkecuali bagi warga Makassar dan Sulawesi Selatan.

Namun, di saat semua masih kebingungan, hadir beberapa relawan yang dengan sigap mencoba membantu menenangkan dan memberikan bantuan kepada masyarakat secara langsung. Salah satunya tim JKN atau Jaringan Kesehatan None yang diinisiasi oleh Irman Yasin Limpo.

“Hal pertama adalah memberikan hand sanitizer dan penyemprotan disinfektan,” ujar relawan JKN Fajri.

Tim JKN telah bergerak jauh sebelum pandemi ini positif masuk ke Sulawesi Selatan pada 19 Maret atau selang 17 hari dari ditemukannya kasus pertama kali di Depok.

Hampir semua kecamatan disisir tim JKN untuk melakukan penyemprotan. Mulai rumah penduduk, tempat ibadah, rumah sakit, kantor pemerintahan, pasar, dan beberapa lokasi yang berpotensi dikunjungi banyak orang.

“Sejak awal Pak None (Irman YL) sudah berpesan bahwa cara memutus rantai penyebaran adalah dengan social distancing. Makanya kami juga tak henti memberi himbauan. Namun, jika terpaksa pergi, kami berusaha mensterilkan lokasi-lokasi yang kemungkinan menjadi tujuan mereka,” tegasnya.

Ketika wabah makin merajalela, bentuk bantuan pun diperluas dengan menyediakan beberapa lokasi cuci tangan beserta sabun. Tujuannya, jika terpaksa harus ada kontak, tangan segera steril kembali.

Komentar


VIDEO TERKINI