Udin Lari dari RS dan Sembunyi di Kebun, Bupati Konawe Utara Bujuk Pakai Bahasa Tolaki

Selasa, 28 April 2020 15:56

FAJAR.CO.ID, KONAWE UTARA — Bupati Konawe Utara Ruksamin menjemput Udin, pasien suspect corona di kebun tempat persembunyiannya, setelah melarikan diri dari Rumah Sakit Bahteramas Kendari sebelum sempat diambil swab-nya. Saat ditemukan di kebunnya, pasien itu tidak melakukan perlawanan fisik kepada petugas dan langsung menyerahkan diri.

”Sejak beredar informasi bahwa warga saya dari Konawe Utara bernama Udin, 36, lari dari perawatan Covid-19 RSUD Bahteramas saya berniat untuk menjemputnya. Alhamdulillah niat itu kesampaian,” kata Ruksamin seperti dilansir dari Antara pada Selasa (28/4).

Saat ini, Udin yang sebelumnya bekerja di perusahaan tambang telah menjalani penanganan di RSUD Konawe Utara. ”Psikis Udin harus dipulihkan. Dia kelihatannya trauma. Setelah pulih, langkah-langkah penanganan medis dapat dilakukan,” tutur Ruksamin.

Keberadaan Udin di sebuah pondok perkebunan sekitar 3 kilometer dari perkampungan Desa Kokapi, Kecamatan Sawah, Kabupaten Konawe Utara, adalah untuk mengisolasi diri. ”Pengakuan dia (Udin) meninggalkan rumah sakit ke rumah kebun karena secara mental tidak sanggup berada di ruang perawatan pasien positif Covid-19 Rumah Sakit Bahteramas,” kata Ruksamin mengutip cerita Udin.

Keputusan pasien meninggalkan rumah sakit menarik perhatian publik sejak pelariannya pada Senin (27/4) dengan menumpang kendaraan roda dua atas bantuan kerabat. ”Dia (Udin) sangat waspada atas dugaan terpapar virus corona. Dia tidak bertemu anak, istri, dan keluarga di kampung tetapi langsung ke pondok tak berpenghuni di kebun,” ujar Ruksamin.

Komentar


VIDEO TERKINI