Yakult Bantu Pertahanan Tubuh

Selasa, 28 April 2020 14:09

Prof Dr Ir Amran Laga

FAJAR.CO.ID– Minuman probiotik adalah produk fermentasi yang selain mengandung bakteri hidup yang baik juga terdapat produk metabolit yang penting untuk kesehatan tubuh. Produk metabolit yang penting dalam minuman probiotik antara lain asam laktat dan bakteriosin.

Produk bakteriosin sebagai antibakteri berperan dalam menghambat pertumbuhan bakteri jahat, ditambah lagi dengan suasana asam, maka bakteri jahat semakin tidak berdaya untuk tumbuh dan berkembang.

Selain itu kehadiran bakteri baik yang hidup dalam jumlah jutaan sel per mililiter dalam minuman probiotik seperti Yakult dan yoghurt, akan menghambat pertumbuhan bakteri jahat melalui persaingan pertumbuhan.

Bakteri baik seperti yang terdapat pada Yakult adalah Lactobacillus casei strain Shirota, merupakan bakteri asam laktat yang flora awalnya tumbuh dan berkembang dalam sistem pencernaan, sehingga jika dikonsumsi akan membuat populasinya lebih banyak dari bakteri jahat.

Produk fermentasi ini bersifat sebagai antimikroba jahat dalam pencernaan. Kalau kita makan dan ada bakteri jahat, maka bakteri ini yang berperan sebagai asam laktat untuk menekan bakteri jahat.

Lactobacillus casei strain Shirota

Jadi dalam sistem pencernaan manusia itu ada dua populasi bakteri, yang baik dan yang jahat. Dengan mengonsumsi produk susu fermentasi, artinya kita sedang menambahkan populasi bakteri baik dalam tubuh kita. Inilah yang berkhasiat sebagai antibakteri biotik. Keasamannya akan menghambat pertumbuhan patogen yang berpotensi memicu penyakit pencernaan dan lainnya.

Komentar