Dompet Dhuafa Sulsel Buat Masker Khusus Disabilitas Tuli, Begini Bentuknya

Masker khusus bagi penyandang disabilitas tuli.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Menyadari banyaknya lapisan masyarakat yang merasakan dampak covid 19, Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan memproduksi masker khusus bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan dalam pendengaran.

Pimpinan Dompet Dhuafa Sulsel Rahmat HM menyebut, inspirasi dari pembuatan masker khusus sebenarnya datang dari teman tuli sendiri.

“Apalagi di kantor kami saat ini ada peserta magang teman tuli. Jadi kami coba produksi sesuai kebutuhannya,” ungkapnya, Rabu, (29/4/2020).

Masker yang diproduksi nanti tergolong unik, model masker dibuat berbeda dari biasanya, karena bagian tengahnya berbahan plastik transparan.

Di mana mulut pengguna tetap bisa terlihat ketika berbicara. Bagi teman tuli, hal ini penting untuk tetap bisa membaca bibir dari lawan bicaranya.

Dirinya menambahkan, bahwa saat ini timnya baru memproduksi prototype maskernya. Pihaknya juga terus mengembangkan produk ini agar benar-benar dapat digunakan banyak teman tuli.

Selain itu, kata dia, di Dompet Dhuafa Sulsel, saat ini sedang memberdayakan anak-anak muda. Mereka memiliki tugas untuk memproduksi masker kain di kantornya.

Hingga lebaran nanti, pihaknya ditargetkan untuk produksi 6.000 lembar masker kain yang akan dibagikan ke masyarakat. Bukan hanya di Sulsel tapi juga di provinsi-provinsi lainnya. (ikbal/fajar)

KONTEN BERSPONSOR

Komentar