Guru Minta Pelatihan Cara Mengajar Online

Rabu, 29 April 2020 10:12

Ilustrasi guru sedang mengajar siswa-siswinya

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Satriwan Salim menyarankan, pemerintah melakukan pelatihan dalam jaringan (daring) untuk guru-guru.

Menurutnya, salah satu masalah dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) salah satunya adalah guru yang tidak terbiasa dengan materi pembelajaran jarak jauh. Hasilnya, banyak protes berdatangan dari siswa dan juga orang tuanya.

“Saya melihat di Inggris, guru-gurunya juga diberikan pelatihan selama PJJ ini. Tentu secara daring,” kata Satriwan.

Untuk itu, Satriawan meminta dalam hal pelatihan ini bisa melibatkan organisasi profesi guru dan bekerja sama dengan lembaga penyiaran atau bisa juga melibatkan perusahaan media.

“Langkah strategis ini saya pikir bisa memberikan lilin kecil untuk pelayanan pendidikan kepada anak-anak kita,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Satriawan, pemerintah juga harus mengoptimalkan sumber belajar dan inovasi pendidikan. Pemerintah harus memberikan bantuan kepada siswa-siswi yang tidak mampu mengakses internet.

“Kebijakan yang sudah ada saat ini yakni memperbolehkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk membeli pulsa internet guru dan siswa harus dipertahankan,” pungkasnya. (fin/fajar)

Komentar