Hebat, Ventilator Buatan ITB Miliki Empat Fungsi dan Bisa Dipakai Beberapa Pasien

Rabu, 29 April 2020 11:14

Tim ITB saat menguji coba fungsi Ambu-Bag Ventilator pertama kali di hadapan Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan(BPFK) ...

Ventilator LC MUMU juga memiliki multi fungsi untuk critical care yaitu mandatory volume control, spontaneous breath control, assisted control, dan continuous positive airways pressure (CPAP).

Sesuai tahapan pasien Corona, contohnya, ventilator ini bisa digunakan dari mulai tahap awal. Dimulai ketika pasien merasa sesak napas hingga pasien memiliki gejala gagal napas (pada umumnya dirujuk untuk dirawat di ICU).

Kondisi pasien yang berbeda-beda ini dapat dideteksi pada ventilator LC MUMU dengan menggunakan sensor tekanan dan aliran. Selain itu, sensor oksigen juga ditambahkan untuk memberikan indikasi dari suplai gas.

Juga sistem keamanan untuk critical care ventilator pengguna telah sesuai dengan ISO 80601-2-12 part 2. “Pada intinya, ventilator ini dapat digunakan pada pasien covid-19 tahapan awal (bisa bernapas sendiri) hingga kritikal (ada gejala gagal napas),” tuturnya dikutip dari laman ITB, Selasa (28/4).

Tentunya, pengembangan LC MUMU harus melalui beberapa tahapan terlebih dahulu. Tiga tahapan utama dalam pengerjaan alat tersebut adalah bagian aktuator mekanikal, sensor dan fungsi kontrol, serta sistem daya.

Kemudian ada juga pekerjaan lainnya seperti pengerjaan casing alat, sertifikasi, dan perbaikan agar dapat memenuhi persyaratan Badan Pengawasan Fasilitas Kesehatan (BPFK) hingga sampai pada tahap akhir yaitu uji medis.

“Saat ini tim kita sudah mencapai 70% dari keseluruhan proses. Tantangan terberat adalah dari poin kinerja alat karena ventilator adalah alat yang digunakan untuk membantu pernapasan manusia,” sebutnya.

Komentar