Hebat, Ventilator Buatan ITB Miliki Empat Fungsi dan Bisa Dipakai Beberapa Pasien

Rabu, 29 April 2020 11:14

Tim ITB saat menguji coba fungsi Ambu-Bag Ventilator pertama kali di hadapan Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan(BPFK) ...

Beberapa parameter penting yang dikendalikan adalah: volume tidal, respiration rate (RR), inspiratory expiratory ratio (I:E), positive-end expiratory pressure (PEEP), peak inspiratory pressure (PIP), dan inspiratory pause pressure (IPP)/plateau pressure. Jika terjadi kesalahan pada kinerja alat, akibatnya bisa fatal kepada pasien.

Maka dari itu, pencapaian kebutuhan kinerja alat dan juga tingkat keselamatannya suatu hal yang mutlak dicapai. Sejauh ini BPFK sudah melakukan pendampingan sejak awal agar LC MUMU mencapai standar kesehatan.

“Selain itu, ketersediaan komponen juga dapat menjadi masalah pada tahap produksi nanti karena banyak komponen yang masih harus diimpor,” tuturnya.

Augie berharap dukungan dari seluruh pihak, baik pada rantai pasok komponen maupun pengembang komponen. Pada tahap produksi, tentunya sangat dibutuhkan dukungan pemerintah (Kemenperin, Kemenkeu, Kemenkes) untuk membantu terutama pengadaan komponen impor dan akses ke industri.

“Sangat diharapkan industri Indonesia mampu memproduksi komponen-komponen tersebut,” pungkasnya. (der/fin/fajar)

Komentar