Kecamatan Sangkarrang Pecah Telur, Tiga Warganya Positif Covid-19

Rabu, 29 April 2020 21:34

Kadis Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tiga warga Kecamatan Sangkarrang dinyatakan positif covid-19. Itu setelah sebelumnya sejumlah warga mengikuti rapid test tahap kedua yang diadakan Pemkot Makassar.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin, menuturkan, hal tersebut masih bersifat sementara, karena baru mengikuti satu tahapan rapid test.

“Akan ada pemeriksaan lanjutan, paling tidak kita akan adakan tes swab lagi untuk pasien positif hasil rapid test,” kata Naisyah, Rabu (29/4/2020).

Menurut Naisyah, jika nanti hasil tes swabnya positif, maka pasien tersebut baru benar-benar dikatakan positif covid-19.

“Karena banyak sebelumnya yang positif Rapid Test tetapi setelah diuji swab, ternyata hasilnya negatif Covid-19,” katanya, melanjutkan.

Rapid Test, kata Naisyah, hanya memantau imun tubuh atau antibodi. “Kesalahan yang biasa terjadi yakni false negatif, di mana keadaan yang terbaca di rapid test hasilnya negatif ternyata hasil swab positif,” imbuhnya.

Untuk benar benar memastikan seseorang dikatakan positif atau negatif sebaiknya dilakukan pemeriksaan lagi 10 hari setelah pemeriksaan awal.” Jika pemeriksaan yang awalnya negatif terus dilakukan lagi dan hasilnya negatif, itu baru bisa dipastikan betul-betul negatif,” lanjutnya kemudian.

Diketahui, Rapid Test tahap kedua yang digelar pemerintah Kota Makassar telah menghabiskan 5099 alat rapid dalam waktu empat hari. Adapun hasilnya, sebanyak 117 dinyatakan positif. (ikbal/fajar)

Bagikan berita ini:
10
1
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar