PDIP Keras ke Jokowi: Negara dalam Ambang Krisis Pangan, Pandemi hingga Akhir Tahun

Rabu, 29 April 2020 21:05

Presiden Joko Widodo

“Artinya untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka akan kesulitan karena tidak memiliki penghasilan seperti biasanya sebelum Covid-19 ada. Dan masalah utama mereka jelas adalah masalah kebutuhan pangan. Kebutuhan beras sebagai komoditi utama rumah tangga harus menjadi prioritas,” bebernya.

Pihaknya menjelaskan ada pilihan yang dapat diambil pemerintah. Antara lain dengan membentuk lembaga baru atau dengan mentransformasikan Bulog sebagai Badan Kedaulatan Pangan Nasional dalam mewujudkan keamanan dan kedaulatan pangan, terutama dalam menghadapi skenario terburuk akibat pandemik ini.

Selain itu, Eriko mengimbau agar subsidi bersifat langsung tanpa pihak perantara ketiga.

Seperti halnya subsidi listrik 450 VA dan 900 VA itu merupakan subsidi yang benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat kecil manfaatnya.

Terlebih konsep kedaulatan pangan ini bisa menyelamatkan masyarakat dengan pendapatan menengah ke bawah di masa sulit dengan pemenuhan pangan melalui produksi petani lokal.

Eriko meyakini dengan adanya Badan Kedaulatan Pangan Nasional, pemerintah dapat mengantispasi krisis pangan jika terjadi second wave dari Covid-19.

Bagikan berita ini:
1
7
4
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar