Rapid Test Massal Berlanjut, Sandiaga Uno Sasar Permukiman Padat

Rabu, 29 April 2020 19:24

Sandiaga Salahuddin Uno bersama Relawan Indonesia Bersatu telah sepekan menjalankan rapid test. (Istimewa)

FAJAR.CO.ID — Sandiaga Salahuddin Uno bersama Relawan Indonesia Bersatu telah sepekan menjalankan rapid test untuk masyarakat dalam rangka memutus penyebaran Covid-19. Hampir 3 ribu orang telah dilakukan tes, dan hasilnya ditemukan sejumlah orang positif.

“Sejak pelaksanaan rapid test massal terhadap 2955 orang sampai 28 April, dan ada positif 28 warga yang langsung dirujuk ke Rumah Sakit Darurat Covid,” kata Sandi di Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (29/4/2020).

28 warga ini berasal dari 3 provinsi berbeda. Yakni Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta. Di hari terakhir rapid tes ini, Sandi menilai masih banyak warga yang belum dilakukan tes.

Oleh karena itu, dia bersama relawannya akan melanjutkan tes massal ini. Namun, dia akan melakukan inovasi, yakni dengan mendatangi langsung ke permukiman warga yang terbilang zona merah Covid-19. “Para relawan akan evaluasi rapid test massal yang tepat sasaran. Dan segera membantu pemerintah memutus mata rantai Covid-19,” kata Sandi.

“Efektivitasnya kami lakukan evaluasi, dan mobile unit (PCR) itu akan segera tersedia dan lakukan jemput bola,” imbuhnya.

Sandi mengaku telah bekerjasama dengan TNI-Polri dan BIN untuk mendata zona merah Covid-19. Nantinya, lokasi dengan karakteristik pada penduduk, dan masyarakat tergolong prasejahtera akan diutamakan untuk dilakukan rapid test.

Lebih lanjut, pada hari terakhir test massal di Wisma Atlet Kemayoran, Sandi turut mmbagikan 4 ribu paket sembako. Para relawan masih terus memetakan titik-titik pembagian sembako bagi yang membutuhkan.

Komentar


VIDEO TERKINI