Tips Sehat Mental di Masa Pandemi Ala Psikolog Ratih Arruum Listiyandini

Rabu, 29 April 2020 21:53

Ratih Arruum Listiyandini

Jika ada yang panik berlebihan seperti orang-orang yang menyebarkan info di medsos, jangan ikutan panik.

“Sebaliknya, kita perlu mengkaji info yang dibagikan, apakah betul atau tidak. Jika salah, maka kita harus memberitahukannya,” kata alumni AIMEP 2016 yang aktif publikasi di jurnal dalam dan luar negeri tersebut.

Ratih juga mengatakan bahwa alam semesta bekerja untuk sesuatu yang Allah perintahkan untuk dia. “Tidak semua hal di dunia ini bisa kita kendalikan, bisa jadi hikmahnya akan datang di kemudian hari,” lanjutnya. Bahkan, makna hidup baru bisa kita temukan setelah melakukan refleksi.

Para orang tua juga perlu menjadi supporting system bagi anak-anak agar tidak stress berlebihan. Namun itu harus dibarengi dengan kesehatan mental orang tua itu sendiri. “Jika orang tua sehat secara mental maka anak juga akan sehat,” pungkasnya.

Serial Live Instagram ini mendapatkan apresiasi dari dalam dan luar negeri. Rowan Gould, Manager Program AIMEP berbasis di Melbourne, menyambut positif diskusi ini. “Banyak info bermanfaat dalam sesi diskusi ini,” kata Rowan yang juga peneliti di The University of Melbourne. (rls)

Komentar