Belum Ada Kepastian, CJH Manasik Secara Online

Kamis, 30 April 2020 21:27

Jemaah Haji

FAJAR.CO.ID,JAKARTA– Pelaksanaan ibadah haji 2020 belum mendapat kepastian. Berdasar data Kementerian Agama (Kemenag) keberangkatan jamaah reguler ke Saudi mulai berlangsung dari 26 Juni.

Di sisi lain, travel haji khusus mulai menjalankan manasik haji. Di tengah wabah Covid-19 pelaksanaan manasik digelar secara online.

Di antara travel haji khusus atau penyelenggaraa ibadah haji khusus (PIHK) yang sudah menjalankan manasik online tergabung dalam Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI). Tidak kurang dari seratus travel haji khusus berada di bawah payung AMPHURI.

Manasik haji disediakan AMPHURI di antaranya melalui saluran YouTube mereka, yakni AMPHURI Channel. Para calon jamaah haji bisa menonton secara langsung atau rekamannya. Di antara materi manasik haji yang sudah diunggah adalah tentang haji infrad, Qiran, dan Tamattu’. Materi itu disampaikan oleh KH Muh Salim Imron dari PIHK Mabruro.

Durasi materi soal Haji Ifrad, Qiran, dan Tamattu’ sekitar 18 menit. Isinya tidak hanya menampilkan pemateri sedang ceramah. Ada juga dilengkapi dengan beberapa slide penjelasan secara detail. Materi manasik haji lain yang sudah diunggah adalah tentang pengertian, syarat, rukun, dan wajib haji.

Sekjen Dewan Pengurus Pusat (DPP) AMPHURI Firman M. Nur menuturkan, mereka optimistis haji tahun ini tetap diselenggarakan. Untuk itu, proses manasik haji tetap berjalan. Hanya saja saat ini manasik haji digelar secara online. “Bimbingan manasik ibadah haji ini menjadi kewajiban kami sebagai PIHK,” katanya di Jakarta Kamis (30/4).

Komentar


VIDEO TERKINI