Cegah Berita Hoaks, PWI Inisiasi Program Tanggap Corona

Kamis, 30 April 2020 01:38

Ketua PWI Sulsel, Agussalim Alwi Hamu

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Prihatin dengan kian menjalarnya wabah Corono Virus Deseas-19 (Covid-19) disusul dengan menjamurnya berita-berita hoax seputar covid-19, maka PWI Sulsel meluncurkan program “Tanggap Corona-19”.

Program “PWI Tanggap Corona-19” ini merupakan wujud kepedulian PWI Sulsel dalam mencegah berkembangnya Covid-19 serta menekan munculnya berita-berita yang tidak benar.

“Ini bentuk kepedulian PWI sekaligus wujud komitmen membantu pemerintah menyukseskan PSBB agar covid-19 bisa dicegah,“ jelas Ketua PWI Sulsel, Agussalim Alwi Hamu, di hadapan Pengurus Harian PWI Sulsel, di Graha Pena, belum lama ini.

Dijelaskan, program PWI Tanggap Corona-19 ini akan menjadi pusat informasi tentang Covid-19. Dengan begitu, berita yang keluar akan dijamin kebenarannya.

PWI Sulsel, jelas Agus, prihatin dengan banyaknya berita-berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya terutama di media sosial. Karena itu, PWI akan mengambil peran untuk menghadirkan informasi yang dijamin validitasnya sehingga tidak menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.

Kordinator PWI Peduli Corona-19, H. Suwardi Thahir, secara terpisah menjelaskan program yang akan dilaksanakan meliputi penyiapan berita bebas hoax yang akan dimuat di berbagai media cetak, elektronik maupun media online.

“Dalam waktu 1X24 jam, wartawan secara bergantian posko di Gedung PWI,” tutur Suwardi yang juga menjabat Ketua Bidang Siber PWI Sulsel.

Wartawan yang posko ini, tambah dia, berasal dari berbagai media dan bertanggungjawab menyiapkan berita-berita tentang Covid-19 yang dijamin bebas hoax.

Komentar


VIDEO TERKINI