Covid-19 Mendistrubsi atau Malah Mempercepat Implementasi Banking 4.0

Kamis, 30 April 2020 23:17

Oleh: Midian Halomoan Saragi (Praktisi Perbankan BUMN)

Di seluruh belahan dunia saat ini khususnya di daratan Eropa dan Amerika sedang terjadi distrubsi yang disebabkan oleh penularan virus corona tidak terkecuali Indonesia. Sebagian besar negara-negara sudah melakukan protokol lockdown dengan melarang aktivitas bisnis, aktivitas sekolah dan perkuliahan serta perkantoran, pokoknya aktivitas pertemuan fisik manusia.

Semua seolah sekonyong-konyong terhenti sejenak. Kota-kota besar yang terkenal dengan traffic-jam dan tingkat polusi yang sangat parah sekarang sepi, lengang dengan udara yang sudah relatif bersih.

Baru saja dunia dicemaskan pertikaian terbuka USA dan RRC dalam perang dagangnya. Kemudian, musibah ini pun terjadi yang justru tidak menghentikan gesekan di antara dua negara besar itu. Krisis pandemi covid-19 ini malah seperti siraman bensin yang memperpanas tensi ketegangan di antara keduanya.

Ini pun menjadi suatu misteri apakah pertikaian ini adalah settingan semata ataukah suatu persaingan nyata. Tidak ada yang tahu persis apa sebenarnya yang terjadi hingga saat ini. Covid-19 masih menjadi misteri besar dengan beribu bahkan berjuta teori liar perihal penyebab dan cara penyelesaiannya.

Apakah pandemi ini akan mampu diatasi dalam jangka pendek, atau mungkinkah akan molor ke jangka yang lebih panjang. Tidak seorang pun yang tahu persis. Beberapa ahli bahkan ada yang berpendapat bahwa kondisi ini bisa saja berlanjut menjadi krisis kesusahan yang sangat super besar, atau kalaupun kelak terdistrubsi itu hanyalah jedah dan kesempatan kepada manusia untuk belajar dan bersiap masuk ke tahap tragedi besar lain yang lebih parah.

Komentar


VIDEO TERKINI