Dilantik Jokowi, Hakim Agung Muhammad Syarifuddin Resmi Ketua MA

Kamis, 30 April 2020 13:01

Hakim Agung Muhammad Syarifuddin resmi menjadi Ketua Mahkamah Agung (MA) setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jok...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Hakim Agung Muhammad Syarifuddin resmi menjadi Ketua Mahkamah Agung (MA) setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (30/4). Syarifuddin menggantikan Hatta Ali yang telah pensiun dari jabatan ketua MA.

Pelantikan Syarifuddin tertuang dalam surat Keputusan Presiden RI Nomor 41/P Tahun 2020 tentang pemberhentian dengan hormat Wakil Ketua MA Bidang Yudisial dan pengangkatan Ketua MA.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai Ketua MA dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD Negara RI Tahun 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya, dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” kata Syarifuddin saat mengucap sumpah dihadapan Presiden Jokowi.

Usai pengucapan sumpah, acara kemudian dilakukan dengan penandatangan berita acara. Selanjutnya, dilanjutkan dengan pemberina ucapan selamat kepada Syarifuddin yang diawali oleh Presiden Jokowi.

Pelantikan Ketua MA periode 2020-2025 in dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19 yakni, menjaga jarak dan menggunakan masker. Hal ini mengingat acara digelar di tengah situasi pandemi virus corona (Covid-19).

Untuk diketahui, Hakim Agung Muhammad Syarifuddin terpilih sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025 dalam pemilihan pada Senin (6/4). Dia terpilih untuk menggantikan Hatta Ali yang akan pensiun pada 1 Mei 2020.

Dalam sidang paripurna khusus pemilihan ketua, Syarifuddin mengatongi 32 suara pada pemilihan tahap kedua. Calon lainnya, Andi Samsan Nganro hanya memeroleh 14 suara. Dengan demikian Syarifuddin sah terpilih sebagai ketua MA menggantikan Hatta Ali. (jpc/fajar)

Bagikan berita ini:
6
6
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar