Hanya untuk Mahasiswa PTN, Ini Empat Skema Keringanan Pembayaran UKT

Kamis, 30 April 2020 14:33

Mahasiswa Unismuh saat berkunjung ke Harian FAJAR beberapa waktu lalu.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) mengatur empat skema untuk mahasiswa yang memiliki kendala finansial dalam membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam menegaskan, bahwa empat skema ini baru diberikan kepada Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

“Kita sudah minta melalui majelis rektor PTN itu untuk mahasiswa baru UKT-nya bisa dilakukan beberapa skema untuk meringankan beban,” kata Nizam, Rabu (29/4).

Nizam menjelaskan, skema pertama adalah penundaan pembayaran UKT khususnya bagi mahasiswa baru masuk. Mahasiswa baru yang perekonomiannya terdampak Covid-19 bisa mengurus agar boleh menunda membayar UKT.

Skema yang kedua dibuat adalah melalui penurunan UKT. Menurtnya, UKT ini ada beberapa level sesuai dengan gaji orang tua, jadi disesuaikan.

“Skema ketiga, adalah pembayaran UKT boleh dilakukan dengan cara dicicil. Selain itu, skema keempat adalah mahasiswa bisa mengajukan KIP Kuliah,” terangnya.

KIP Kuliah, kata Nizam bisa diakses oleh mahasiswa baru ataupun mahasiswa yang saat ini sedang berkuliah namun kondisinya berhak mendapatkan bantuan.

Nizam menegaskan, bahwa pihaknya tidak dapat menerapkan kebijakan tersebut di Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Menurutnya, untuk PTS tidak bisa memaksakan skema tersebut.

“Kami hanya bisa mengimbau dan memberikan dukungan melalui skema KIP-Kuliah yang tahun ini sebetulnya kuota untuk PTS meningkat sekitar lima kali lipat jika dibandingkan dengan tahun lalu,” ujarnya.

Komentar


VIDEO TERKINI