India Segera Produksi 400 Juta Vaksin Virus Corona, Setelah Sukses Uji Coba ke Kera

Kamis, 30 April 2020 10:20

Salah seorang dari 47 TKI yang ditangkap melewati pelabuhan tikus menjalani rapid test di Markas Pangkalan Armada Zona M...

FAJAR.CO.ID, INDIA– Produsen vaksin terbesar di dunia The Serum Institute of India berhasil melakukan uji coba vaksin Covid-19 kepada hewan kera. Dengan demikian, vaksin ini diperkirakan akan segera diproduksi massal di India dalam beberapa bulan ke depan.

Melansir Reuters, The Serum Institute of India mengatakan, bahwa mereka merencanakan untuk memproduksi hingga 60 juta dosis vaksin potensial yang dikembangkan oleh University of Oxford, yang sedang dalam uji klinis di Inggris.

Serum Chief Executive Kata Adar Poonawalla menjelaskan, meski kandidat vaksin yang disebut “ChAdOx1 nCoV-19” belum terbukti efektif melawan Covid-19. Serum memutuskan untuk mulai memproduksinya karena telah menunjukkan keberhasilan dalam uji coba hewan dan telah berkembang untuk menguji manusia.

Sementara itu, mengutip The New York Times, enam monyet kera rhesus diinokulasi dengan kandidat vaksin di Rocky Mountain Laboratory National Institutes of Health di Montana pada bulan lalu.

Subjek kemudian terpapar virus corona novel dalam jumlah besar. Akan tetapi, keenam kera tetap sehat setelah lebih dari 28 hari. Demikian laporan The New York Times yang mengutip Vincent Munster, peneliti yang melakukan tes.

“Mereka adalah sekelompok ilmuwan hebat yang sangat memiliki kualifikasi tinggi (di Oxford). Itulah sebabnya kami mengatakan akan mengikuti ini dan itu sebabnya kami percaya diri,” kata Poonawalla kepada Reuters.

Komentar


VIDEO TERKINI