Kemendikbud: Belum Ada Skema Khusus Bantuan ke Sekolah Swasta

Kamis, 30 April 2020 10:31

ilustrasi gedung sekolah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) masih mengkaji skema bantuan untuk sekolah swasta menghadapi pandemi virus corona (Covid-19). Namun hingga saat ini, pihaknya menyatakan belum ada skema khusus untuk memberi bantuan sekolah swasta.

Pernyataan itu sekaligus menyimpulkan, dari hasil survey yang dilakukan oleh Kemendikbud sebanyak 56 persen sekolah swasta meminta dibantu dalam krisis Covid-19.

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (PAUD Dikdasmen) Hamid Muhammad mengatakan, bahwa benar sekolah swasta memiliki tantangan yang lebih besar dibandingkan sekolah negeri pada masa krisis Covid-19 ini.

“Sejauh ini belum ada skema khusus untuk membantu. Kecuali kemarin yang kita melakukan relaksasi penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS),” kata Hamid, Rabu (29/4).

Hamid menjelaskan, dalam peraturan yang baru, dana BOS boleh digunakan untuk membayar guru honorer maksimal 50 persen dari total yang diterima sekolah.

“Saat ini, peraturan tersebut diubah dan diserahkan sepenuhnya pembagian penggunaan dana BOS kepada sekolah,” ujarnya.

Namun, Hamid mengingatkan bahwa dana BOS harus tetap digunakan untuk hal-hal sesuai dengan peraturan yang berlaku, seperti membayar guru honorer atau membeli pulsa untuk siswa dan guru dalam rangka Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

“Bahkan ekstremnya, dalam keadaan seperti ini sekarang dana BOS ini boleh digunakan 100 persen, jadi itu ekstremnya,” imbuhnya.

Komentar


VIDEO TERKINI