Mesin Pencuci Tangan Versi Tiga, Karya Mahasiswa FT Unhas untuk Cegah Sebaran Covid-19

Kamis, 30 April 2020 17:35

FOTO: ISTIMEWA

Pada mesin versi tiga ini, aliran air juga mengandalkan gaya gravitasi, namun dipadukan dengan mesin penyemprot untuk cairan detergent pembersih tangan. Kapasitas untuk menyimpan air juga jauh lebih besar, sehingga sangat cocok untuk digunakan pada tempat-tempat yang selalu ramai, seperti sekolah, kampus bahkan pusat perbelanjaan.

Sebagaimana versi satu dan versi dua, mesin pencuci tangan versi tiga ini juga rencananya akan didistribusikan pada tempat-tempat yang membutuhkan. Untuk sementara, sesuai permintaan saja dulu, mengingat proses produksinya yang masih membutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga hari.

Dekan FT Unhas, Prof Dr Ir Muhammad Arsyad MT, menjelaskan bahwa dirinya memberi ruang yang seluas-luasnya bagi sivitas akademika di fakultas yang dipimpin untuk mengembangkan gagasan inovasi dalam masa pandemi ini.

“Sekarang memang masa darurat pandemi, segala hal serba dibatasi. Namun hal itu jangan sampai membatasi kreativitas dan inovasi kita. Justru pada saat-saat seperti inilah kita perlu memaksimalkan potensi kreativitas kita,” kata Arsyad. (rls)

Komentar