Pelanggar PSBB Bakal Disanksi 1 Mei Mendatang

Kamis, 30 April 2020 21:29

ILUSTRASI. Anggota gabungan Polisi, TNi dan Satpol PP saat menertipkan warung yang masih buka melibihi jam 9 malam saat ...

FAJAR.CO.ID,GRESIK– Masa sosialisasi dan edukasi untuk Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Kabupaten Gresik berakhir Kamis (30/04). Sehingga, mulai 1 Mei para pelanggar aturan PSBB bakal diberikan sanksi.

Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo membenarkan hal tersebut. Sanksi tegas akan diberikan kepada para pelangar. “Mulai 1 Mei 2020 kami akan melakukan penindakan bagi siapa saja yang melanggar PSBB,” katanya.

Selain penindakan lanjut Kusworo, aparat Kepolisian bersama tim gabungan baik itu dari unsur TNI, Satpol PP maupun Dishub akan terus meningkatkan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat.

“Kami terus mengedukasi masyarakat lebih masif lagi. Mengenai sanksi kami mengacu ke Perbup nomor 12 tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Sanksi tersebut bisa berupa sanksi administrasi, teguran lisan, dan tertulis,” katanya.

Ia menambahkan, dari aturan perbup tersebut jika masih ada aktivitas di jam malam mulai pukul 21.00 hingga 04.00. Sanksinya berupa teguran dulu. Namun, kalau tetap melanggar ada sanksi administrasi. Tapi, kalau bandel masih melanggar bisa dilakukan pencabutan usaha.

“Bagi masyarakat di jam malam yang masih berkerumun di luar rumah. Kami bisa melakukan penindakan dengan cara dibubarkan. Namun, saat dibubarkan melawan petugas yang bersangkutan bisa dijerat dengan pasal 216 KHUP ancaman pidana penjara 4 bulan,” imbuhnya.

Komentar


VIDEO TERKINI