PSBB Tingkat Provinsi Jabar, Ridwan Kamil: Saya Simpulkan Menjadi Kebutuhan

Kamis, 30 April 2020 12:00

Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil-- Humas Jabar

FAJAR.CO.ID, CIREBON– Rencana Pemprov melakukan PSBB di wilayah Jabar merupakan langkah paling efektif untuk menekan bahkan memenuhi target untuk menyelesaikan Covid-19. Pemkot Cirebon akan mendukung penuh dan siap jika Pemprov Jabar menerapkan PSBB tingkat provinsi.

Wali Kota Cirebon, Jawa Barat, Nasrudin Azis mengatakan, sudah tidak ada lagi namanya daerah episentrum Covid-19 maupun daerah yang masih hijau. Sebab, semua daerah bisa terlintas. Menurut dia, rencana melakukan PSBB provinsi merupakan keputusan yang paling baik saat ini.

”Rencana provinsi tentang PSBB merupakan harapan dari Pemkot Cirebon juga. Jadi sudah klop dan kami siap melaksanakannya,” kata Azis seperti dilansir dari Antara di Kota Cirebon.

Azis mengatakan, untuk prosedur apa yang akan dilakukan selama masa PSBB tersebut, pihaknya tinggal mengikuti petunjuk dari Pemprov Jabar. ”Kami disini tinggal mengikuti arahan dari provinsi. Intinya semua ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar Azis.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pemerintah daerah di Jawa Barat sepakat mengajukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk tingkat provinsi ke Kementerian Kesehatan. Kesepakatan tersebut diambil dalam rapat koordinasi via telekonferensi Gubernur Jawa Barat (Jabar) M. Ridwan Kamil dengan 17 bupati/wali kota yang daerahnya belum menggelar pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada Rabu (29/4).

Ridwan yang memimpin rapat koordinasi tersebut menyimpulkan bahwa PSBB tingkat provinsi merupakan kebutuhan di Jabar. Pengajuan PSBB ke Kemenkes dilakukan melalui satu surat saja, yaitu dari Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar yakni gubernur.

Komentar


VIDEO TERKINI