Ratusan TKA Tiongkok Mau Masuk Indonesia, Sukamta: Pemerintah Pusat Seperti Tidak Peka

Kamis, 30 April 2020 15:56

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta-- jawa pos

Lebih lanjut Sukamta mengatakan, sudah ada aturan yang membuat TKA Tiongkok tidak bisa masuk Indonesia. Misalnya, Peraturan Menkum HAM Nomor 11 tahun 2020 tentang Pelarangan Sementara Orang Asing Masuk Wilayah Negara Republik Indonesia.

Pasal 3 aturan itu mengatur pengecualian bagi warga asing pemegang Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP). Selain itu, syarat lainnya adalah WNA yang mau masuk ke Indonesia sebelumnya berada di negara bebas COVID-19 selama 14 hari.

Sukamta pun menyoroti TKA dari Tiongkok yang mau datang langsung dari negeri asal virus corona itu. Menerima TKA dari Tiongkok masuk ke Indonesia, kata Sukamta, bertentangan dengan peraturan yang telah berlaku mulai 31 Maret 2020 itu.

“Isu TKA China sendiri sebelumnya sudah sensitif, terkait hubungan perusahaan asing dengan lingkungan dan masyarakat sekitar termasuk soal penyerapan tenaga kerja lokal. Ditambah lagi dengan kondisi akibat pandemi ini, kami tidak ingin eskalasi masalah ini meningkat, karena bisa menimbulkan ketegangan dan gesekan sosial. Kami ingin menghindari itu,” ujar wakil rakyat dari Daerah Istimewa Yogyakarta itu. (jpnn/fajar)

Bagikan berita ini:
6
4
9
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar