14 Ribu Buruh Di-PHK, Arum Spink: Harus Ada Program Padat Karya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Di tengah bencana kemanusiaan disebabkan Covid-19 yang melanda Indonesia terkhusunya provinsi Sulawesi Selatan tentu menjadi duka bersama.

Pasalnya berdasarkan data Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Selatan, ada 14.504 orang yang harus kehilangan mata pencaharian karena imbas Covi- 19.

Melihat ini, Anggota DPRD Sulsel Arum Spink meminta pemerintah lebih kreatif dalam membuat program khusus bagi pekerja yang di-PHK dan dirumahkan oleh perusahaan.

"Kita minta pemprov lebih kreatif mempersiapkan program khusus soal (PHK). Mungkin ada program semacam padat karya semisal kalau di desa," ucap politikus dari Fraksi Nasdem tersebut, Jumat (1/04/2020).

Selain 14 ribu lebih orang harus hilang pekerjaan, 1.106 perusahaan pun kena dampak penyebaran virus corona khususnya di Sulsel.

Sementara itu, bertepatan dengan Hari Buruh. Ketua Fraksi Partai Nasdem Sulsel ini berharap agar Pemprov Sulsel memaksimalkan realokasi anggaran penanganan Covid-19 untuk buruh.

"Setidaknya ada Rp183 milliar yang rencana dialokasikan untuk ketahanan ekonomi. Ini bisa meringankan khususnya yang terdampak PHK dan karyawan yang dirumahkan," tutupnya. (anti/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan