IPW Bingung Kapolda Jatim Dicopot

Jumat, 1 Mei 2020 16:25

Ilustrasi

FAJAR.CO.ID,JATIM–Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan menjadi salah satu Perwira Tinggi (Pati) Polri yang dimutasi oleh Kapolri Jenderal Pol Idham Azis. Sebagai gantinya Idham menunjuk Irjen Pol Fadil Imran yang saat ini menjabat Sahlisosbud Kapolri.

Mutasi terhadap Luki membuat heran Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane. Menurut dia, Luki salah satu pati yang berprestasi. Tetapi malah dimutasi menjadi Wakalemdiklat Polri.

“Di masa Pilpres 2019, Jatim sangat aman dan kondusif, serta memberikan suara kemenangan yang signifikan bagi kemenangan Jokowi dalam perolehan suara,” kata Neta saat dihubungi JawaPos.com, Jumat (1/5).

Neta menilai seharusnya Luki bisa bertahan pada kekuasaan di Jawa Timur. Ataupun mendapat promosi pada jabatan yang lebih strategis dibanding Wakalemdikpol Polri.

“Jadi pertanyaan memang, Kenapa Kapolda Jatim tergeser ke Wakalemdikpol, sementara ada Kapolda yang tidak berdarah-darah di Pilpres 2019 dinaikkan jadi bintang tiga. Fenomena ini sangat ironis,” tegas Neta.

Diketahui, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis melakukan perombakan besar-besar distruktur internal Polri. Total ada 47 polisi berpangkat Jenderal dan ratusan Perwira Menengah (Pamen) yang mendapat promosi jabatan baru.

Mutasi ini tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/1377/V/KEP/2020 tertanggal 1 Mei 2020 yang ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono. Nama-nama beken pun termuat dalam telegram ini.

Komentar


VIDEO TERKINI