Peringati Hardiknas, IGI Lakukan Beragam Kegiatan dan Pelatihan Secara Daring

Jumat, 1 Mei 2020 22:31

Para pengurus IGI saat melakukan pertemuan sebelum pandemi melanda. (IST)

FAJAR.CO.ID — Memperingati Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2020, di tengah kondisi Work from Home (WFH) karena Pandemi Covid-19 mendorong Ikatan Guru Indonesia Wilayah Sulawesi Selatan (IGI Sulsel) dan Ikatan Guru Indonesia Wilayah Sulawesi Barat (IGI Sulbar) untuk melaksanakan beragam kegiatan secara daring.

Masing-masing ketua wilayah mengoordinir pengurus daerah di wilayahnya. Tercatat 24 daerah (kabupaten/kota) di Sulsel melaksanakan pelatihan daring dengan materi pelatihan yang berbeda- beda.

Pelatihan dilaksanakn serentak pada 1 Mei 2020. Sementara, di Sulawesi Barat, dari enam kabupaten, ada empat daerah yang melaksanakan kegiatan serupa, yakni Mamuju, Mamuju Tengah, Majene, dan Polewali Mandar.

Pelatihan daring IGI se-Sulbar rencananya akan diselenggarakan pada 2-6 Mei 2020. Masing- masing Ketua Wilayah sudah berkoordinasi dengan Waketum PP IGI Regional Sulselbar membahas teknis dan tujuan penyelenggaraan kegiatan rersebut.

Menurut Mira Pasolong, Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia, salah satu alasan diselenggarakannya pelatihan daring adalah untuk memberikan keterampilan digital bagi guru-guru.

“Masa pandemi Covid-19 menuntut pendidik untuk menjadi guru milenial. Sekolah tidak diliburkan, tetapi pembelajaran yang dipindahkan ke dunia maya. Di pekan pertama kebijakan ini dilakasanakan, banyak guru yang kebingungan, tidak tahu harus bagaimana melakukan pembelajaran. Ternyata Pandemi ini menjadi pendorong para guru untuk memantaskan diri mengajar di era digital,” lanjut Mira, kepada fajar.co.id, beberapa saat lalu.

Komentar