80 Persen Warga Puas Kinerja Anies Tangani Covid-19, PKS: Yang Tidak Puas Salah Alamat

Sabtu, 2 Mei 2020 22:38

Ilustrasi lockdown di masa pandemi corona. Foto: pixabay

FAJAR.CO.ID — Sebanyak 80,70 persen warga puas terhadap respons Pemprov DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Anies Baswedan dalam penanganan wabah Covid-19. Sedangkan yang tidak puas hanya 19,30 persen.

Hal itu terungkap dari survei Lembaga Kajian Strategis dan Pembangunan (LKSP) yang dirilis, Sabtu (2/5).

“Survei persepsi warga perlu dilakukan secara berkala, termasuk dalam suasana darurat kesehatan tersebarnya wabah. Agar kita mengetahui kondisi nyata dan persepsi warga terhadap kondisi yang berkembangan,” jelas Direktur LKSP, Astriana B Sinaga.

Menurut dia, warga merasa puas karena Pemprov DKI Jakarta bertindak cepat mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19, memberi dukungan kepada tenaga kesehatan, dan menyiapkan bantuan sosial bagi rakyat.

Sementara itu, warga yang tidak puas menyebut beberapa aspek yang perlu ditingkatkan pemprov, yakni pelayanan yang lambat (54,07 persen), kurang responsif terhadap keluhan (30,23 persen), dan kurang terbuka (15,70 persen).

“Pemprov DKI Jakarta perlu menggerakkan aparat di tingkat kecamatan dan kelurahan untuk memantau perkembangan warga di daerahnya. Informasi dari Ketua Rukun Tetangga/Rukun Warga juga penting sebab mereka yang paling tahu kondisi di lapangan. Semua informasi itu diintegrasikan dan dianalisis sebagai bahan pengambilan putusan,” ujar Astriana.

Survei LKSP dilakukan pada 14-18 April 2020 di seluruh wilayah DKI Jakarta (44 kecamatan) yang melibatkan 886 responden. Mereka yang dimintai pendapatnya berusia 17 tahun ke atas.

Komentar