Bikin Bangga… Baru Kemarin Lulus, Kini Jadi Petani Pengusaha Milenial

Sabtu, 2 Mei 2020 19:31

Sayur hidroponik.

FAJAR.CO.ID, BOGOR – Di balik masa pandemi Covid-19 ternyata membawa tersendiri bagi para petani milenial yang bergerak di komoditas sayuran. Di antaranya Andriano dan Andriano Azis Abdul Rahman Gunawan serta rekan-rekannya yang merupakan Alumni lulusan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor merasakan hikmah dari adanya Covid-19.

Pria yang biasa disapa Azis ini menceritakan dalam masa pandemi ini dirinya justru menjadi tertantang untuk melakukan upaya lebih dari hanya sekedar bertani memproduksi sayuran.

Awalnya Azis dan Andriano serta 2 rekan lainnya mendapat program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP) setelah lulus dari Polbangtan Bogor tahun 2019 lalu.

PWMP merupakan program Kementerian Pertanian kepada mahasiswa pertanian maupun lulusan perguruan tinggi jurusan pertanian untuk menjadi job creator dan mengembangkan peluang bisnis sektor pertanian.

“Berawal kami berempat, dapat program PWMP setelah lulus, dan sebelumnya kami magang di P4S Griya Seruni milik Pak Teddy Rachmat Muliady yang bergerak di komoditas hortikultura. Setelah magang, Pak Teddy melihat keseriusan dari kami berempat untuk bertekad menjadi entrepreneur,” Ungkap Azis, Jumat (1/5/2020).

Dia pun merasa tertantang dengan ilmu yang sudah didapatkan dari SMK sampai lulus dari Polbangtan Bogor. Apalagi jumlah petani makin berkurang di sana. Saatnya memulai niat ingin memperluas lapangan pekerjaan di sektor pertanian.

Komentar