Hebat… Akhir Juli, Film Gundala Tayang di Amerika Serikat

Gundala (Screenplay films).

FAJAR.CO.ID — Para jagoan AS harus memberi jalan bagi Gundala, jagoan ciptaan mendiang Harya “Hasmi” Suraminata, yang versi filmnya dirilis tahun lalu. Film karya sutradara Joko Anwar tersebut bakal diputar di Amerika Serikat (AS). Hal itu diumumkan di situs The Hollywood Reporter pada Kamis (30/4/2020).

Dihubungi jawapos.com (grup FAJAR), Jumat (1/5/2020) kemarin sore, produser Gundala, Wicky Olindo, membenarkan rencana pemutaran Gundala di AS. Itu terwujud berkat peran Premiere Entertainment Group (perusahaan hiburan yang menangani distribusi serta penayangan film secara global) dan Well Go USA Entertainment, perusahaan distributor film.

Wicky mengungkapkan, awal perjumpaan pihaknya dengan Premiere Entertainment dan Well Go USA terjadi saat event Toronto International Film Festival (TIFF) pada September 2019. Waktu itu, Gundala terpilih sebagai salah satu film yang ditayangkan pada sesi Midnight Madness. Di TIFF 2019, ada beberapa distributor internasional yang menawarkan diri sebagai distributor Gundala. ’’Kebetulan, kami pilih Premiere Entertainment dan Well Go USA,’’ terang Wicky.

Selain di AS, sangat mungkin Gundala juga diputar di Kanada. Sebab, cakupan perilisan meliputi kawasan Amerika Utara. Merujuk situs The Hollywood Reporter, Gundala direncanakan tayang di AS pada 28 Juli. Namun, jadwal tersebut bisa saja berubah lantaran pandemi Covid-19.

Selain dirilis di bioskop luar negeri, Gundala bakal ditayangkan di sejumlah platform streaming internasional. Kini, film produksi Screenplay Bumilangit itu sudah bisa ditonton di platform Vidio.

Sementara itu, Joko Anwar antusias menyambut pemutaran film jagoan pertamanya di AS. ’’Mudah-mudahan perilisan di AS bisa memperkenalkan Gundala dan karakter-karakter komik Indonesia dengan lebih luas ke audiens internasional,’’ kata Joko lewat pesan teks.

Lantas, apakah film-film jagoan Jagat Sinema Bumilangit lainnya bakal mengikuti jejak Gundala hingga ke AS? “Hmmm… Enggak selalu kayak gitu. Balik lagi ke kualitas filmnya, apakah lebih baik atau sama. Distribusi dunia itu nggak gampang, lho,” ujar Wicky. (jpc)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Muhammad Nursam

Comment

Loading...