Ruang Guru Berbisnis, Baru Beberapa Hari Sudah Raup Rp83 Miliar

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID — Meski berpolemik, Ruang Guru yang terlibat dalam program Kartu Pra Kerja tetap percaya diri menjalankan rutinitasnya yang kini mengarah ke bisnis.

Bahkan, berkat program kartu pra kerja itu perusahaan di bawah kepemimpinan CEO Adamas Belvas Devara itu kini menyalip semua perusahaan yang menggunakan platform digital.

Dari data yang muncul di Perekonomian RI, tepatnya dari manajemen pelaksana program kartu pra kerja, Skill Academy milik Ruang Guru hanya beberapa hari sudah meraup nilai transaksi sebesar Rp82,99 miliar.

Jumlah itu merupakan tertinggi dengan persentase mencapai 68,9 persen. Disusul Sisnaker dengan Rp13,14 miliar (selengkapnya lihat grafis di atas).

Meski telah mundur dari Staf khusus milenial presiden Jokowi, Belvas membantah tudingan keterlibatannya soal penunjukan Ruang Guru. Melalui Skill Academy, perusahaannya itu terpilih menjadi salah satu digital platform untuk program Kartu Pra Kerja.

Dia menjelaskan, penentuan perusahaan mitra dalam Kartu Pra Kerja sepenuhnya ditentukan oleh Kemenko Perekonomian dan PMO.8 mitra yang ditunjuk dalam Kartu Pra Kerja, lanjut Belva, telah mengikuti proses seleksi dari akhir tahun 2019. Seleksi ini dibuka untuk umum.

Belva menjelaskan, proses kerja 8 mitra penyedia pelatihan ini mirip dengan distribusi KIP atau KJP. Ia menganalogikan Ruangguru dan 7 digital platform lain seperti toko yang menerima pembayaran KIP atau KJP.

  • Bagikan