Sembuh dari Corona, Pekerja Asing Ditampung di Kapal Pesiar Mewah

Kapal pesiar mewah SuperStar Gemini digunakan untuk menampung pasien Covid-19 di Singapura yang telah sembuh (The Straits Times)

FAJAR.CO.ID, SINGAPURA– Kasus positif Covid-19 di Singapura didominasi oleh kalangan pekerja migran di sejumlah asrama pekerja. Menariknya, pekerja asing yang telah pulih dari Covid-19 dipindah ke kapal pesiar SuperStar Gemini setelah lulus uji.

Singapore Tourism Board (STB) mengatakan dalam sebuah posting Facebook pada Jumat (1/5/2020) bahwa sudah ada kelompok pekerja pertama yang naik kapal pada Rabu (29/4/2020) dari Marina Bay Cruise Centre.

Fasilitas di kapal itu terbilang lengkap. Ada toilet en-suite, tempat makan di dalam kabin, dan kontrol infeksi yang ketat serta tindakan menjaga jarak yang aman di atas kapal. Serta ada Wi-Fi, hiburan di dalam kabin, dan jadwal waktu luar ruang yang dijadwalkan.

“Udara segar disalurkan ke kapal, dan tidak ada udara yang akan diedarkan kembali antara kabin dan area umum,” tambah pihak STB seperti dilansir dari AsiaOne, Jumat (1/5/2020).

Sehingga para pekerja yang sudah sembuh tidak tertular atau menulari kembali pekerja lainnya. Sehingga itu cara memutus mata rantai penularan.

“Ini adalah bagian dari upaya pemerintah untuk memindahkan pekerja ke tempat tinggal alternatif untuk mengurangi penyebaran virus di dalam asrama mereka,” jelas pihak STB.

Kapal pesiar lain, SuperStar Aquarius, juga telah lulus pemeriksaan evaluasi dan siap menampung lebih banyak pekerja. STB telah mengatakan sebelumnya pada bulan April bahwa pemerintah sedang mempelajari kelayakan dua kapal pesiar sebagai akomodasi sementara bagi pekerja asing yang telah pulih dari Covid-19 dan dinyatakan negatif hasil ujinya.

Komentar

Loading...