Banjir dan Longsor Terjang Sulteng, Kerugian Cukup Besar

Minggu, 3 Mei 2020 20:18

Ilustrasi - Para petugas BPBD dengan menggunakan perahu karet berusaha melakukan evakuasi terhadap warga korban banjir b...

FAJAR.CO.ID, PALU – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Bartholomeus Tandigala membenarkan dalam beberapa hari terakhir terjadi bencana banjir dan longsor melanda sejumlah kabupaten di provinsi itu.

“Ada beberapa wilayah di Sulteng sepekan terakhir diterjang banjir dan menimbulkan kerugian materi cukup besar,” katanya di Palu, Minggu (3/5) malam.

Ia menjelaskan wilayah yang dilanda banjir saat ini adalah Kabupaten Sigi, Poso dan Morowali Utara.

Dia mengaku belum bisa dirinci mengenai kerugian akibat dari bencana alam yang menerjang sejumlah daerah di Sulteng, sebab masih dalam pendataan dilakukan instansi terkait.

“Kami belum mendapatkan data secara valid soal jumlah kerusakan rumah warga dan infranstruktur yang rusak akibat bencana alam banjir yang melanda beberapa kabupaten di Sulteng,” katanya.

Bencana banjir yang menerjang sejumlah wilayah Sulteng dikarenakan curah hujan meningkat dalam beberapa hari ini.

Selain hujan dengan intensitas tinggi, juga disertai angin kencang dan petir sehingga sangat membahayakan keselamatan jiwa masyarakat, terutama di daerah-daerah yang rawan petir seperti di Morowali Utara ada sejumlah desa yang rawan petir sehingga perlu diwaspadai masyarakat.

Bartholomeus mengatakan sudah mengistrusksikan semua jajaran BPBD di Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulteng untuk siaga karena kondisi cuaca sangat ekstrem.

“Saya yakin semua tim kami di daerah-daerah saat ini tetap siaga dan langsung bergerak ke lokasi jika terjadi bencana alam,” katanya.

Komentar