Longsor di TPU Cikutra Bandung, 37 Makam Tergerus

Minggu, 3 Mei 2020 19:52

Sejumlah makam rusak akibat tergerus longsor di TPU Cikutra, Kota Bandung, Sabtu (2/5). Foto: ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

FAJAR.CO.ID, BANDUNG – Longsor yang terjadi di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikutra Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, menyebabkan 37 makam di beberapa titik tergerus.

Seluruh makam yang tergerus longsor bahkan ada yang rusak itu terbagi di tiga titik, yakni titik di Blok E, Blok F dan makam wakaf di luar wilayah TPU Cikutra.

Makam yang telah tergerus dan yang berpotensi tergerus akan dipindahkan ke titik yang lebih aman.

“Ada 37 makam yang terdampak. Seluruhnya akan dipindahkan ke Blok G, baik yang tergerus dan yang berpotensi (terkena) longsor,” kata Camat Cibeunying Kaler Suardi, Sabtu (2/5).

Dia menyampaikan, longsor itu diduga disebabkan oleh hujan deras pada Jumat (1/5) malam. Akibatnya aliran sungai yang deras menggerus kirmir di sekitar makam.

Di kawasan TPU Cikutra itu memang terdapat aliran Sungai Cidurian maupun aliran anak sungainya. Sejumlah makam memang berlokasi di bantaran sungai tersebut.

“Beberapa waktu lalu sebelum bulan puasa, longsor sempat terjadi. Namun warga tanggap dan cepat menanggulangi potensi longsor itu,” katanya.

Bagikan berita ini:
3
2
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar