Cerita Ramadan Mahasiwa Asal Sinjai di Madinah, Fatih: Semua Masjid Ditutup

Fatih Al-faruq

FAJAR.COID, MADINAH-- Pelaksanaan ibadah puasa di kota suci, Madinah sangat bereda dari tahun-tahun sebelumnya. Kini Madinah Al Munawarrah itupun menjadi sunyi.

Fatih al Faruq salah seorang mahasiswa Islamic University of Madinah asal Kabupaten Sinjai ini hanya bisa menghabiskan hari-harinya dari balik asrama tempat tinggalnya.

Padahal Madinah menjadi kota yang paling ramai tahun-tahun sebelumnya kala memasuki Bulan Ramadan. Umat muslim dari berbagai belahan dunia memadati Madinah untuk melaksanakan ibadah umrah.

Kini, dampak pandemi korona. Tidak ada lagi jamaah yang dibiarkan untuk salat di Masjid-masjid yang ada di Kota Madinah. "Sangat beda Ramadan kali ini. Suasana sekarang disini ditutup semua masjid, tidak ada yang dibiarkan untuk ke masjid salat. Semua dilaksanakan di rumah," ujarnya.

Walaupun begitu, untuk kebutuhan sehari-hari. Pihaknya bersyukur manajemen kampus telah menyediakan minimarket khusus untuk mahasiswa yang menetap di asrama. Sehingga tidak kesulitan lagi mencari kebutuhan pokok ditengah pandemi.

"Untung saja, ada di lantai dasar gedung asrama disediakan minimarket untuk bahan-bahan makanan. Sehingga tidak keluar lagi, sebab diluar juga terbatas dan dilarang beraktivitas," bebernya.

Ia menyebut, hingga kini Arab Saudi menghentikan segala aktivitas di Kota Madinah, termasuk orang-orang tidak lagi diperkenankan masuk ke kota suci, baik di halaman masjid apalagi dalam masjid.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan


Comment

Loading...