Ilmuwan Singapura Kembangkan Test Kit Antibodi Penawar Covid-19

Senin, 4 Mei 2020 10:46

Ilustrasi

FAJAR.CO.ID, SINGAPURA– Ilmuwan lokal Singapura mengembangkan test kit yang dapat mengetahui dalam hitungan jam apakah seseorang yang memiliki antibodi dapat menetralkan virus Korona. Cara ini memungkinkan para peneliti untuk mengumpulkan data lebih cepat serta untuk mengetahui apakah vaksin Covid-19 efektif.

Dilansir dari Straits Times, Senin (4/5), direktur program penyakit menular di Sekolah Kedokteran Duke-NUS, Profesor Wang Linfa, yang memimpin penelitian pada test kit, mengatakan tes ini dapat mendeteksi molekul yang dikenal sebagai antibodi penawar pada pasien.

Berbicara kepada The Straits Times, Kamis (30/4) dia menjelaskan bahwa ketika seseorang terinfeksi Covid-19, tubuh memproduksi ratusan bahkan ribuan antibodi berbeda yang mengikat virus dan dikenal sebagai antibodi pengikat.

Hanya saja, tidak semua antibodi mampu menetralkan virus. Ini adalah peran antibodi khusus yang dikenal sebagai antibodi penetral, yang tidak hanya mengikat dengan virus tetapi juga mencegahnya menginfeksi sel-sel pasien.

Prof Wang mengatakan bahwa banyak tes di pasaran dapat mendeteksi keberadaan antibodi yang mengikat tetapi tidak semua bisa menguji antibodi penawar. Dia menambahkan bahwa tes yang dapat mendeteksi antibodi penawar adalah peluang yang dapat membantu menentukan kemanjuran vaksin.

“Anda mengambil vaksin dalam uji klinis, bagaimana Anda tahu jika vaksin itu berhasil? Anda perlu mengukur antibodi penawar, karena antibodi yang mengikat tidak cukup baik,” katanya.

Bagikan berita ini:
7
1
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar