Tagihan Listrik Anda Naik? Begini Penjelasan Pihak PLN

Pihak PLN saat mengecek meter listrik warga Sulawesi Selatan. ANTARA Foto/HO-Humas PLN Sulselrabar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN angkat suara terkait keluhan masyarakat tagihan listrik mengalami kenaikan belakangan ini. Perusahaan setrum pelat merah itu menegaskan tak ada kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) saat ini.

Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN I Made Suprateka menjelaskan, kenaikan listrik terjadi lantaran terjadi peningkatan penggunaan listrik karena adanya kebijakan Work From Home (WFH) di tengah pandemi Covid-19.

“Kami memahami di tengah pandemi ini, kebutuhan masyarakat akan listrik bertambah. Peningkatan penggunaan listrik sangat wajar terjadi dengan banyaknya aktivitas di rumah,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, kemarin (3/5).

Dia mencontohkan, bila tak ada WFH masyarakat akan lebih banyak melakukan aktivitas di luar rumah, seperti bekerja. Sedangkan, saat ini masyarakat lebih banyak berdiam diri di rumah sehingga penggunaan listrik akan meningkat dibandingkan seperti biasanya. “Saat ini kita harus bekerja dari rumah, otomatis penggunaan bertambah, misalnya untuk laptop dan pendingin ruangan,” katanya.

Karenanya ia memastikan tak ada kenaikan listrik sampai detik ini. TDL pada bulan April ini masih tetap sama dengan periode tiga bulan sebelumnya. Diketahui, penetapan tarif dilakukan 3 bulan sekali oleh pemerintah. “Kami pastikan saat ini tidak ada kenaikan listrik, harga masih tetap sama dengan periode tiga bulan sebelumnya. Bahkan sejak tahun 2017 tarif listrik ini tidak pernah mengalami kenaikan,” paparnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Adi Mirsan


Comment

Loading...